Cara .Membuat Rok Kerut Dengan Pinggang Karet

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Cara .Membuat Rok Kerut Dengan Pinggang Karet



  Cara membuat. rok kerut dengan benang karet ini gak terlalu susah kok, termasuk untuk penjahit pemula.
Yuk mari kita buat. Pertama-tama kita siapkan bahan.nya adalah kain untuk penggalan luar dan kain untuk lapisan penggalan dalam. Aku make masing-masing satu meter.
Ukur dulu penggalan pinggangnya pake meteran. Punysaya ini sizenya 84 cm (gede yah! yah maklum abis melahirkan *cari alasan*) trus ukur juga mau panjangnya berapa. Aku suka roknya pas selutut akhirnya 54cm. Lalu potong kainnya sesuai ukuran tadi. Punysaya jadinya 84 cm x 54 cm.Potong masing-masing 2 pcs untuk penggalan depan dan belakang. Makara ada 4 potongan. 2 potong kain penggalan depan dan 2 potong kain untuk lapisan dalam. Jangan lupa ditambahin 1,5 cm untuk jahitan. Dan kain penggalan dalamnya juga dipendekin 10 cm, gak mau dong nanti kain penggalan dalamnya "balapan" ama luarnya hehehe..
 Oya buat yg nanya kok potong kainnya 2 x 84 cm kan akhirnya gede banget nanti.. hmmm aku memang sengaja buat begitu supaya kainnya jadi 2 kali lipat dan nantinya akan mengkerut jadi setengahnya sehabis dijahit.

Lalu sambung masing-masing kain sehingga didapat kain yg panjangnya 2 kali lipat ukuran pinggang. Habis itu jahit jadi satu penggalan dalam dan luarnya. Dan jangan lupa jahit juga penggalan bawah rok supaya ujung-ujung kainnya gak keliatan jika mau dineci juga boleh.

Siapkan benang karet. Ada 2 jenis benang karet dijual dipasar. ada yg keci ukurannya 0.5 mm dan ada juga yg besar ukuran 1mm. Seperti foto dibawah ini. Aku pake yg ukuran 1 mm warna item supaya lebih mantap kerutannya :-)
Untuk menjahit dengan benang karet, kita harus ngegulung sendiri benangnya dispool, jadi jangan digulung mesin. Kenapa? gak tau juga ya, kalo digulung mesin suka gak sanggup :-(

Jadinya kaya foto diatas, dan tinggal dipasang aja menyerupai masang benang jahit biasa di mesin jahitnya
Setelah itu jahit dibagian atas roknya dengan kain penggalan luar menghadap keatas. Jangan lupa ujung2nya dijahit maju mundur dikit supaya karetnya gak cepet lepas.
Nah menyerupai foto diatas, penggalan yg sudah dijahit akan berkerut-kerut. Terus aja jahit hingga ujung, kemudian buat jahitan gres lagi dibawah jahitan yg tadi.
Karena kainnya kini sudah berkerut, untuk jahitan kedua mesti agak ditarik supaya kerutannya gak ikut kejait. Supaya rapi sih sanggup dibentuk garis-garis dulu kali ya, tapi karna aku agak males, aku cuma pake panduan ujung sepatu mesin jahit disamping jahitan yg pertama, menyerupai foto diatas.

Silahkan diulangi proses menjahit ini sampe nemu jumlah kerutan yg pas sesuai kesukaan masing-masing kali ya. Aku ngebuat sekitar 8 baris supaya agak tebal. Semakin banyak baris jahitan yg dibentuk semakin agak susah ngelurusin pas ngejahitnya sebab kerutannya sudah semakin banyak.  Tapi jangan mengalah ya, pelan-pelan aja n kalo ada yg gak rapi gapapa karna nantinya akan berkerut jadi gak terlalu keliatan.

Taraaaa. kalo sudah jadi bentuknya kaya gini
Tampak Depan

Tampak Belakang

Close up kerutannya dari depan

close up kerutannya penggalan dalam
 Kalau sudah final bikin kerutan, jangan lupa ganti benang yg di spoolnya dengan benang biasa, kemudian sambung penggalan samping rok supaya jadi rok. sanggup juga diobras penggalan jahitannya supaya rapi, atau dijahit zig-zag pinggirnya.
Selesai.. roknya sudah jadi, gak terlalu sulit kan...
Sekarang saatnya jalan-jalan pake rok baru.

Selamat mencoba.... x)