Mulai Jahit

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Mulai Jahit

ilustrasi peralatan jahit

          Masif terima kasih dan rasa hormat yg setinggi-tingginya atas sebuah mahakarya yg luar biasa nan spektsayaler dari  manusia yaitu terciptanya sebuah pakaian. Dengan pakaian insan bisa menutupi apa yg sepantasnya ditutupi. Dengan pakaian bisa membuat. tubuh menjadi hangat. Dan pakaian pulalah kita bisa tampil lebih manis dan rupawan. Pakaian berasal dari proses jahit-menjahit maka tidak ada salahnya jikalau kita mencar ilmu menjahit.

          Rasanya kehidupan kita tidak bisa berjalan tanpa adanya kegiatan menjahit. Paling tidak, pakaian yg kita kenakan yaitu
sebuah produk dari kegiatan menjahit.

          Berarti, semua insan di dunia ini, tanpa kecuali, tidak akan lepas dari produk berjulukan pakaian. Jika sudah begitu, apakah Anda hanya membisu saja ketika pakaian Anda, pasangan Anda, bawah umur Anda, atau siapapun yg akrab dengan Anda rusak atau robek?

          Tentu tidak. Kendati Anda begitu praktis mendapatkan penggantinya, namun adakalanya nilai sejarah atau harga pakaian yg bersangkutan akan membuat. Anda berpikir untuk memperbaikinya. Dan cara memperbaikinya tentu saja hanya ada satu jalan, yaitu menjahitnya. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi untuk memulai mencar ilmu menjahit.

          Proses mencar ilmu menjahit tidaklah sulit. Jikalau berbicara secara gampangan maka dalam mencar ilmu menjahit hanyalah terdiri memotong dan menisik kain sehingga menjadi baju. Yang dibutuhkan aslinya hanyalah kesabaran dan ketekunan serta ketelitian dari penjahit supaya kain yg telah dipotong sesuai dengan hasil yg diharapkan.

          Semua hal di dunia ini bisa kita pelajari asalakan ada niat dan tekad yg berpengaruh dalam diri kita. Kebanyakan orang hanyalah mempunyai niat tetapi tidak mempunyai tekad yg berpengaruh untuk belajar. Ibarat sebuah slogan yg ada di masyarakat yg menyampaikan “ingin kaya tapi tidak mau kerja”. Tentunya ini yaitu hal yg mustahil.

          Semua orang yg berhasil selalu melalui rintangan dan cobaan. Keberhasilan melalui rintangan tersebutlah yg mengakibatkan orang tersebut sbg orang yg sukses atau berhasil. Tidak praktis frustasi juga menjadi faktor penting dalam setiap usaha. Oleh alasannya yaitu itu, dibutuhkan tekad yg berpengaruh dari seseorang untuk mencar ilmu menjahit.

          Belajar menjahit tidaklah sulit tetapi mudah. Walaupun praktis tetapi tidak semua orang mempunyai tekad dan niat yg berpengaruh untuk mencar ilmu menjahit. Hal inilah yg mengakibatkan mengapa tidak semua orang bisa menjahit dan mengapa menjahit menjadi sulit.

  Dua Cara Menjahit
          Menjahit bisa Anda lsayakan dengan dua cara, yaitu dengan cara manual atau dengan memakai mesin jahit. Untuk beberapa hal yg sangat sederhana, menyerupai memasang badge seragam anak sekolah, Anda bisa menjahitnya secara manual. Akan tetapi, jikalau lebih dari itu, tentu Anda harus memakai mesin jahit yg hasil jahitannya jauh lebih rapi dan lebih cepat.

Menjahit itu mudah. Hal yg perlu Anda ketahui pertama kali adalah:
  • mengenal perangkat-perangkatnya,
  • mempersiapkan mesin jahit,
  • mengetahui banyak sekali permasalahan yg ada pada mesin jahit,
  • mengenal aksesoris pakaian,
  • mengenal jenis jahitan,
  • mengenal istilah-istilah jahit,
  • pengetahuan membuat. pola, dan mungkin pengetahuan membuka perjuangan jahitan.
  • Perangkat Menjahit


          Beberapa perangkat jahit yg perlu Anda ketahui aslinya sederhana dan praktis (apalagi jikalau Anda hanya ingin menjahit secara manual), yaitu hanya jarum, benang, dan gunting.

          Akan tetapi, jikalau ingin lengkap dan detail, ada juga jarum jahit tangan, jarum mesin jahit (dengan banyak sekali ukuran yg ditunjukkan dengan nomor), jarum mesin obras, jarum pentul, bidal, alas jarum, rader, kertas karbon, beling pembesar plastik, alat untuk memasukkan benang, kapur, pita ukur, gunting benang, gunting kain, gunting kertas, pendedel, dan pinset lengkung.

          Menjahit dengan cara manual sangat tidak disarankan alasannya yaitu selain hasil kerja yg usang biasanya tidak serapi ketika kita memakai mesin jahit. Jika alas an menjahit manual alasannya yaitu tidak mempunyai mesin jahit maka yg bisa dilsayakan yaitu dengan membeli mesin jahit bekas.

          Beli mesin jahit bekas merupakan alternatife bagi anda yg berkantong cekak tetapi tetap ingin mencar ilmu menjahit. Belinya bisa di pasar-pasar loak atau tukang rombengan atau pengepul sampah rumah tangga. Biasanya harganya relatif murah dibandingkan dengan beli baru. Bisa kurang dari separuh jikalau dibandingkan dengan beli baru.

          Mesin jahit bukanlah mesin yg ribet atau ruwet. Makara walaupun membeli yg bekas anda tidak perlu khawatir akan kebandelannya. Disarankan untuk membeli yg sudah bisa eksklusif dipakai, namun jikalau terpaksa membeli yg tidak bisa eksklusif digunakan silahkan bawa ke tukang perbaikan mesin jahit. Jika tidak ada penggantian onderdil yg mahal maka uang tambahan. yg akan dikeluarkan relatif sedikit.

          Jika Anda ingin mencar ilmu menjahit dengan memakai mesin jahit, kenalilah mesin jahit dan bagian-bagiannya. Hal ini untuk memudahkan Anda untuk mengoperasikannya. Kenali pula mesin obras yg digunakan untuk mengobras pakaian (yg alhasil tentu sangat berbeda dengan jahitan biasa.

          Dengan memakai mesin obras maka serpihan dalam pakaian bisa terlihat lebih rapi. Selain itu, keawetan jahitan juga bisa terjaga. Maka tidak ada salahnya jikalau sehabis tanggapan menjahit hendaknya dilsayakan pengobrasan pada pakaian yg telah jadi tersebut.

          Obras yaitu merapikan dan mengunci benang kain serpihan dalam supaya tidak lepas), termasuk bagaimana cara menentukan dan memasang jarum, memasang benang jahit, memasang benang obras, menyetel tegangan benang, dan menyetel jarak jahitan. Yang tidak kalah pentingnya yaitu bagaimana Anda merawat mesin jahit itu supaya selalu stand by ketika akan digunakan.

  Aksesoris Pakaian
          Pakaian atau baju akan telihat lebih manis jikalau ditambah dengan pernak-pernik aksesorisnya. Penambahan. pernak-pernik aksesoris juga harus dilsayakan dengan sempurna alasannya yaitu jikalau tidak maka bisa menambah pakaian menjadi semakin tidak sedap dipandang.

          Aksesoris pakaian yg perlu Anda ketahui yaitu mengenal pita, renda, atau biku-biku yg biasa digunakan sbg pemanis pakaian perempuan dan anak-anak, bisban yg merupakan hiasan/list pada tepi pakaian dan cara menjahitnya, kancing kemeja, kancing cetet, kancing kait, reshluiting (termasuk jenis-jenisnya),padding (bantalan bahu), viselin, kain keras, busa, karet elastik, gesper, dacroon (untuk mengisi pembuatan bedcover, selimut, atau tas kain), rib (bahan. kaos untuk ujung tangan/celana supaya menempel erat), perepet dan mute.

  Jenis Jahitan
Ada beberapa jenis jahitan yg perlu Anda ketahui, yaitu:
  • Jelujur, jahitan lurus berselang-seling untuk menyatukan dua kain.
  • Som, jahitan untuk mengunci lipatan kain.
  • Tusuk feston, jahitan untuk merapikan pinggiran kain supaya benangnya tidak lepas.
  • Tisik, jahitan dengan arah bolak-balik untuk menambal kain yg berlubang.
  • Quilt, jelujur atau jahitan mesin untuk menekan busa pada lapisan kain sehingga memperlihatkan imbas timbul pada permukaan kain.

  Istilah dalam Menjahit
Beberapa istilah jahit yg perlu Anda ketahui dan niscaya akan sering Anda temukan adalah:
  • Neci/Zig zag, merapikan dan mengunci benang kain serpihan luar dengan kerapatan benang yg sangat padat.
  • Kupnat, lipatan pakaian serpihan dalam yg dijahit memanjang untuk memperlihatkan imbas lekuk yg bagus.
  • Rimpel/Ploy, lipatan kain yg umumnya ada pada rok.
  • Opnesel, variasi pada pakaian berupa lipatan-lipatan kecil memanjang yg dijahit dari luar.
  • Smock, variasi pada pakaian berupa barisan kerutan yg dijahit dengan memakai benang elastik.
  Membuka Usaha Jahitan
          Lalu, bagaimana jikalau Anda ingin membuka perjuangan jahitan? Sebenarnya cukup praktis asal Anda sudah mengetahui dan menguasai semua teori dan praktek yg telah disebutkan di atas. Hal yg perlu Anda perhatikan ketika membuka perjuangan ini adalah:
  • Menawarkan jasa secara intensif, bisa dimulai dengan mendapatkan jasa jahitan secara gratis untuk 10 pelanggan pertama, misalnya. Teknik promosi perjuangan yg menyerupai ini biasanya sangat efektif. Walaupun secara hitungan awal kita nampak merugi tetapi aslinya kita telah menanam benih-benih keuntungan. Dan ketika waktu panen tiba, maka anda jangan terkejut jikalau pelanggan akan membludak.
  • Menentukan tarif yg sesuai dengan cara mengetahui pasaran yg umum pada tukang-tukang jahit di sekitar Anda.
  • Memiliki buku teladan dan kelengkapannya, sbg panduan bagi Anda untuk memudahkan mengerjakan pesanan.
  • Berlangganan majalah atau buku mode.
  • Belajar mengenal tubuh dan cara mengukur dengan tepat, termasuk mengetahui mode-mode terkini.
  • Merekrut pegawai jikalau ternyata perjuangan jahit Anda mengalami kemajuan yg pesat.
  • Menyediakan buku arsip keuangan pegawai, faktur, dan label.
  • Dan yg tidak kalah pentingnya yaitu alat gosok/setrikaan yg berfungsi merapikan pakaian dan packaging/kemasan sebelum diserahkan pada pelanggan.


gaekarya.blogspot.com